Juli 25, 2024

Sekjen Perkumpulan Profesi Pasar Modal Indonesia (PROPAMI) Haryajid Ramelan mengapresiasi langkah Erick Thohir yang selalu menekankan mental juara kepada pemain Timnas Indonesia U 22 di gelaran SEA Games 2023. Menurutnya, mental juara berhasil membawa Timnas U 22 meraih emas di cabang sepakbola di SEA Games 2023. Kondisi ekonomi global dengan dinamika sangat tinggi seperti saat ini menurut Haryajdi dibutuhkan seorang yang piawai dab bisa memberikan motivasi baik itu kepada atlet maupun kepada masyarakat secara luas.

“Erick Thohir sudah memberikan bukti nyata sebagai pemimpin yang dapat memberikan motivasi tentang pentingnya arti memiliki mental juara kepada atlet sepak bola. Motivasi yang dilakukan Erick tersebut mampu meningkatkan mental juara dan membawa Indonesia meraih medali emas di cabang sepak bola," ujarnya. "Motivasi yang positif seperti yang dilakukan Erick tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Sehingga motivasi yang menumbuhkan mental juara bisa diaplikasikan ke berbagai seluk beluk kegiatan masyarakat. Termasuk di industri pasar modal Indonesia dan perusahaan BUMN,” kata Haryajid, Rabu (24/5/2023). Dia menambahkan, sebagai Menteri BUMN, Erick mampu membawa perusahaan BUMN melalui tekanan ekonomi yang berat akibat berat pandemik Covid 19 dan kondisi geo politik global yang tidak menentu. Prestasi Erick menjadi pemimpin dan membuat BUMN menjadi juara dapat dilihat dari semakin meningkatnya dividen yang diberikan ke negara.

Bahkan ada BUMN yang sebelumnya mengalami tekanan, kini mampu memberikan keuntungan bagi negara. Untuk tahun buku 2022, BUMN bisa menyumbang dividen sebesar Rp 80,2 triliun. Ketika Erick menjabat sebagai Menteri BUMN, dividen BUMN hanya Rp 50 triliun. Pesan Hamas ke Israel, %27Waktunya Habis, Pilihan Ada di Tangan Anda, Apakah dengan Nisan atau Hidup%27 Hasil Klasemen Liga Inggris: Manchester City Terpeleset, Arsenal dan Liverpool Umbar Senyum Halaman all

Jepang Hibahkan Kapal Patroli Senilai 9,53 Miliar Yen untuk Indonesia “Dividen yang diberikan perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia ini tak hanya menguntungkan pemerintah sebagai pemegang saham terbesar. Keuntungan yang dibagikan BUMN ini juga dinikmati investor publik. Sehingga dividen yang diberikan BUMN ini bisa memberikan kontribusi kepada perekonomian nasional dan industri pasar modal Indonesia. "Saya berharap pembagian dividen yang dilakukan oleh perusahaan BUMN bisa menjadi tradisi yang baik bagi seluruh perusahaan yang mencatatkan di bursa,”ungkap Haryajid.

Di tahun 2022, asosiasi analis efek memberikan CSA Awards kepada emiten yang memiliki prestasi kinclong di pasar modal. Prestasi itu terdiri dari kinerja, pembagian dividen, likuiditas keuangan, likuiditas pasar dan mampu berkontribusi kepada penggembangan ekonomi nasional. Lanjut Haryajid, pada saat itu Erick Thohir menyerahkan CSA Awards ada beberapa BUMN menjadi jawara. Emiten BUMN tersebut diantaranya BRI, Telkom, Mandiri, Bukit Asam, BTN dan Aneka Tambang. Salah satu cara yang dapat dilakukan Erick Thohir untuk dapat menyebarluaskan mental juara adalah dengan terus menjalankan sinergi BUMN.

Sinergi BUMN tak sekadar dalam penggembangan bisnis saja. Tetapi menyebarkan mental juara yang sudah terbentuk di perusahaan BUMN ke BUMN lainnya juga harus dilakukan. “Salah satu manivestasi dari sinergi BUMN adalah membantu perusahaan yang sudah memiliki mental juara dapat membantu BUMN lainya. Caranya dengan capacity building, pertukaran management, keterbukaan serta transparansi terhadap kinerja BUMN dan dapat saling kolaborasi antar BUMN," ujarnya. Sehingga nantinya dengan transfer mental juara akan banyak BUMN yang lemah akan menjadi champion dan bisa memberikan kontribusi positif baik kepada negara maupun investor publik.

"Ketika pasar modal kita kuat karena ditopang perusahaan BUMN akan menjadikan pasar modal Indonesia semakin dipandang di dunia internasional,”tutup Haryajdi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *