Juli 25, 2024

Kota Ambon mencatatkan nilai inflasi tertinggi secara tahunan (year on year) berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yaitu sebesar 6,10 persen. Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa, Pudji Ismartini mengatakan, sebaran inflasi tahunan menurut wilayah secara umum dari 90 kota di seluruh kota Indeks Harga Konsumen (IHK) mengalami inflasi dan terdapat 46 kota mengalami inflasi tahunan lebih tinggi dari inflasi tahun nasional. "Secara nasional pada bulan Juni ini inflasi tahunan tertinggi terjadi di kota Ambon dengan inflasi sebesar 6,10 persen. Sementara kota dengan tingkat inflasi tahunan terendah adalah kota Gunungsitoli yaitu dengan inflasi sebesar 1,01 persen," kata Pudji dalam rilis BPS, Senin (3/7/2023).

Dikatakan Pudji, komoditas penyumbang inflasi di Kota Ambon di antaranya adalah bensin, komoditas beras, dan rokok. "Bensin memiliki andil sebesar 0,95 persen, beras dengan andil sebesar 0,71 persen, rokok kretek filter sebesar 0,51 persen dan rokok putih sebesar 0,41 persen," paparnya. Pudji merincikan, sebaran inflasi tertinggi di Pulau Sumatera terjadi di kota Sibolga yaitu sebesar 3,88 persen. Sedangkan di Pulau Jawa inflasi tertinggi terjadi di kota Surabaya yaitu sebesar 4,91 persen.

Kode Redeem FF Free Fire Jumat 27 Oktober 2023, Klaim Banyak Item gratis di reward.ff.garena.com Hasil Klasemen Liga Inggris: Manchester City Terpeleset, Arsenal dan Liverpool Umbar Senyum Halaman all Sosok Jeniaty Rike Ekawaty Camat Rantepao Mundur Dari Jabatannya Usai Dipermalukan Bupati Toraja

Jepang Hibahkan Kapal Patroli Senilai 9,53 Miliar Yen untuk Indonesia Sedangkan di Pulau Bali kepulauan Bali Nusra, inflasi tertinggi terjadi di Waingapu yaitu sebesar 4,69 persen, di pulau Kalimantan inflasi tertinggi terjadi di Kotabaru yaitu sebesar 5,04 persen. Sementara di Pulau Sulawesi, inflasi tertinggi terjadi di kota Kendari yaitu sebesar 5,81 persen. Kemudian di kepulauan Maluku Papua, inflasi tertinggi terjadi di kota Ambon yaitu sebesar 6,10 persen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *