Juli 25, 2024

Belakangan ramai soal Chiropractic atau pijat kretek kretek di kalangan masyarakat. Kretek kretek biasanya dilakukan untuk pengobatan alternatif untuk mengatasi masalah pada tulang, otot, dan persendian. Lantas amankah menggunakan pijat ini sebagai penanganan kelainan tulang?

Terkait hal ini, Dokter Spesialis Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitas dr. Christa Adriane Tenges Sp. K.F.R beri penjelasan. Ia sendiri secara pribadi tidak menyarankan menangani permasalahan tulang melalui metode ini. "Saya pribadi saya tidak menyarankan," ungkapnya pada siaran Radio Kesehatan, Selasa (27/11/2023).

Pada tulang belakang terdapat satu saluran yang berisi keseluruhan fungsi saraf. Hadiah BWF World Tour Finals 2023 Wakil Indonesia: Jojo Full Senyum, Modal Nikah Kembali Halaman 3 Mahasiswa di Makassar Ditemukan Tewas dalam Kamar Indekosnya, Diduga Mengidap Sakit Maag

Hasil Klasemen Liga Inggris: Manchester City Terpeleset, Arsenal dan Liverpool Umbar Senyum Halaman all Jepang Hibahkan Kapal Patroli Senilai 9,53 Miliar Yen untuk Indonesia Fungsi saraf ini membuat manusia bisa bernapas dan bergerak normal.

"Kalau di kretek kretek itu kan artinya digeser geser ya dibunyi bunyiin. Dan saya enggak tahu metode apa yang dikerjakan. Takutnya, dalam suatu gerakan tertentu itu mencederai saraf tulang belakang," jelas dr Christa. Jika terjadi cedera pada saraf tulang belakang, dampaknya bisa berbahaya. Seperti tidak bisa bergerak, hingga kelumpuhan.

"Saya sih tidak menyarankan karena dari risiko. Bisa aja dia pas kretekin terus kena saraf tulang belakangnya. Kalau saya sih mendingan jangan deh," kata dr Christa lagi. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *