Juli 25, 2024

Kementerian Sosial (Kemensos) menyelenggarakan Bakti Sosial (Baksos) Operasi Katarak Gratis yang terselenggara di Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 17 20 Desember 2023. Kegiatan baksos ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2023 yang jatuh pada 20 Desember. Ada ratusan orang warga yang masih terus mendaftarkan diri untuk operasi pada Senin (18/12/2023). Peserta dengan tempat tinggal terjauh datang dari Kabupaten Alor, kabupaten berbentuk kepulauan yang letaknya paling timur dari Provinsi NTT.

Bagi warga yang tempat tinggalnya jauh, Kemensos menyediakan dua titik penginapan di sekitar lokasi baksos. Lokasi pertama ada di lapangan Rumah Sakit Kristen Marianum Halilulik atau lokasi baksos, dan kedua ada di Biara SSpS sekitar 50 meter dari lokasi pertama. Hadiah BWF World Tour Finals 2023 Wakil Indonesia: Jojo Full Senyum, Modal Nikah Kembali Halaman 3

Aksi Ze Valente Jelang Laga Persib vs Persik Curi Perhatian, Eks Persebaya Surabaya Lakukan Ini Surya.co.id Ze Valente Resmi Diperkenalkan Sebagai Pemain Persik Kediri, Status Pinjaman dari Persebaya Surabaya Suryamalang.com Hasil Klasemen Liga Inggris: Manchester City Terpeleset, Arsenal dan Liverpool Umbar Senyum Halaman all

Penjelasan BMKG soal Cuaca Jadi Lebih Panas Akhir akhir Ini, Ada Dampak El Nino Jepang Hibahkan Kapal Patroli Senilai 9,53 Miliar Yen untuk Indonesia Warga yang tinggal di Pulau Alor datang lewat jalur laut. Ada juga warga yang datang dari Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) atau sebelah barat Kabupaten Kota Atambua.

Total ada 170 velbed yang disediakan untuk dua lokasi penginapan pasien. Sejauh ini sudah 103 peserta yang menginap pada Minggu (17/12/2023). Para warga sebelumnya mendaftar atau didata oleh pengurus RT di wilayahnya masing masing atau dari peribadatan setempat. Mereka yang mendaftar kemudian datang ke RS Marianum Lailulik untuk diperiksa atau screening awal guna melihat seberapa parah penyakit mata yang dialami. Setelahnya peserta kemudian dipersilakan masuk untuk menemui dokter.

Di sana, warga yang mengikuti pengobatan akan berkonsultasi dengan dokter apakah perlu dilakukan operasi atau tidak, dan ditanya kesediaan peserta jika langkah medis diputuskan untuk operasi. Acara ini nantinya akan dibuka oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini. Risma sebelumnya menyampaikan operasi ini sangat penting karena jika terlambat ditangani, pengidap katarak bisa mengalami kebutaan.

"Karena itu salah satu prioritas Kemensos adalah membantu operasi katarak. Sejak saya dilantik Desember 2020, lebih dari 6.000 orang sudah menjalani operasi katarak untuk mencegah yang bersangkutan dari risiko kebutaan,” kata Risma melalui keterangan tertulis, Kamis (23/11/2023). Sebelumnya, operasi katarak di Jawa Timur diselenggarakan di Kabupaten Tulunggagung, Kabupaten dan Kota Malang serta Kabupaten Blitar pada Rabu dan Kamis, 22 23 November 2023. Sebanyak 1.686 calon pasien telah terdaftar mengikuti skrining untuk menentukan layak tidaknya mereka untuk menjalani operasi.

Di Kabupaten Tulungagung, operasi terhadap 94 pasien yang lolos skrining dilakukan di RSUD dr. Iskak pada Rabu. Menurut Risma, Jawa Timur dipilih saat ini karena berdasarkan data Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) kasus katarak di Jawa Timur tergolong tinggi, terutama di daerah pantura dan kawasan pesisir pantai. Paparan matahari di kawasan pantai diduga menjadi salah satu sebabnya, meskipun ada sebab atau faktor lain seperti diabetes, faktor usia, keturunan dan lainnya.

"Bukan cuma Jawa Timur, operasi katarak gratis juga dilakukan setiap bulan secara bergantian di seluruh Indonesia," kata Risma.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *