Juli 25, 2024

Dikenal sebagai pertanggungan, asuransi adalah perjanjian hukum yang mengikat dua pihak berupa penanggung dan tertanggung. Pada asuransi, penanggung memastikan pertanggungan keuangan dari kerugian yang mungkin dialami tertanggung dalam keadaan tertentu. Secara lebih rinci, apa pengertian asuransi? Simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Asuransi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian asuransi adalah pertanggungan di antara dua pihak, dimana satu pihak mempunyai kewajiban membayar iuran, sedangkan pihak lain berkewajiban memberi jaminan penuh kepada pembayar iuran jika terjadi sesuatu yang menimpa atau terkait barang milik pembayar, sesuai perjanjian yang sudah dibuat.

Sedangkan menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi adalah perjanjian antara perusahaan  asuransi dengan pemegang polis. Asuransi menjadi dasar penerimaan premi oleh perusahaan sebagai imbalan dari:

Memberikan penggantian kepada pemegang polis atau tertanggung akan kerusakan, kerugian, timbulnya biaya, keuntungan yang hilang, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin dialami pemegang polis atau tertanggung atas terjadinya peristiwa tidak pasti.

Memberikan pembayaran akan hidup atau meninggalnya tertanggung dengan besaran manfaat yang sudah ditetapkan atau didasarkan hasil pengelolaan dana.

Maka, asuransi atau pertanggungan asuransi dapat diartikan sebagai kontrak berbentuk polis perlindungan finansial. Untuk kebijakan ini tercakup resiko moneter individu karena adanya kontinjensi yang tidak dapat diprediksi.

Mengapa Harus Memiliki Asuransi?

Melindungi Anda dan keluarga

Keluarga merupakan bagian terpenting, untuk melindungi Anda dan keluarga tercinta dari kejadian tidak terduga adalah pilihan yang tepat untuk segera memiliki asuransi. Kejadian seperti kecelakaan, penyakit, bahkan kematian datang tanpa Anda duga. Asuransi penting jika sewaktu-waktu terjadi peristiwa buruk pada Anda atau keluarga. Misalnya, jika kepala keluarga sakit parah atau mengakibatkan kematian, siapa yang akan membiayai kebutuhan keluarga dan masalah keuangan lainnya? Jika Anda mempunyai asuransi jiwa, maka tidak perlu khawatir.

Sebab asuransi jiwa akan mengatasi semua masalah keuangan ketika sumber pendapatan utama keluarga meninggal dunia. Asuransi jiwa berguna sebagai pelindung resiko finansial karena meninggalnya pencari nafkah, menutupi kebutuhan keluarga, biaya sekolah serta swadaya anak sampai membantu orang tua.

Antisipasi untuk Kejadian yang Tidak Terduga

Kita tidak tahu kapan kecelakaan akan menimpa. Jika hal ini terjadi, maka akan ada biaya yang harus dikeluarkan untuk berobat di luar anggaran yang sudah di buat. Maka saat inilah asuransi dibutuhkan.

Misalnya, asuransi kesehatan yang bisa menutupi berbagai biaya pengobatan yang harus dikeluarkan saat terjadi kecelakaan, asuransi kendaraan juga bisa melindungi kendaraan Anda. Juga ada asuransi kebakaran, asuransi rumah, dan lain-lain.

Menyusun Rencana Masa Depan

Masa depan anggota keluarga terutama anak-anak sangat penting untuk diperhatikan sebab pendidikan anak harus dipersiapkan sejak dini. Apalagi dengan kondisi biaya pendidikan yang terus naik setiap tahunnya. Jika tidak mempunyai persiapan akan sulit jika ingin anak terjamin pendidikannya sampai lulus.

Keamanan Finansial

Asuransi juga bisa memberikan keamanan finansial bagi semua anggota keluarga, hal ini karena bisa mengurangi resiko yang terkait dengan perekonomian. Selain menjamin pendidikan dan masa depan anak, asuransi juga bisa menutupi masalah keuangan jika pendapatan keluarga berkurang atau tidak ada.

Memberikan Rasa Tenang

Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan asuransi, maka bisa memberikan rasa tenang. Anda bisa merasa tenang jika mengetahui bahwa keluarga tidak akan mengungsi saat terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kematian.

Dengan adanya pembahasan mengenai pengertian asuransi dan alasan mengapa harus memilikinya, maka Anda bisa memikirkannya sekarang untuk memilih produk asuransi yang paling tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *