Juli 25, 2024

Riset medis atau penelitian medis merupakan salah satu langkah krusial yang terus dikembangkan di Indonesia demi memperoleh pengembangan obat, ilmu pengetahuan, produk biologis dan lain sebagainya. Satu diantara bidang ilmu sains yang terus dilakukan berbagai penelitian adalah genomik atau ilmu tentang genom. Ilmu tersebut mempelajari cara kerja organisme, interaksi antar gen, dan pengaruh lingkungan terhadapnya.

Dalam bidang medis, genomik dapat membantu meningkatkan kualitas diagnosis penyakit, mengidentifikasi penyakit tertentu, mendeteksi virus, mengembangkan obat, dan lain lain. Sementara itu, genomik sel tunggal merupakan studi tentang individualitas dari sel menggunakan pendekatan analisis molekul biologi secara global. Penelitian genomik sel tunggal menjadi bidang penelitian yang penting dalam beberapa tahun terakhir, karena kemampuannya untuk memeriksa informasi genetik dari sejumlah sel tunggal di semua organisme hidup.

Pengetahuan yang diperoleh dari hasil penelitian genomik sel tunggal akan berdampak besar dalam banyak aspek biologi. Disamping hal tersebut, untuk memperoleh hasil studi penelitian yang berkualitas, tentu juga bergantung dengan penggunaan teknologi secara tepat guna, sehingga dapat membantu pengambilan sampel secara akurat, mempercepat penelitian, dan mendukung penarikan analisis secara tepat. Jenis Surah yang Bagus Dibaca Saat Shalat Tahajud, UAH Sebut Sering dibaca Rasulullah SAW Halaman 4

Hadiah BWF World Tour Finals 2023 Wakil Indonesia: Jojo Full Senyum, Modal Nikah Kembali Halaman 3 Hasil Klasemen Liga Inggris: Manchester City Terpeleset, Arsenal dan Liverpool Umbar Senyum Halaman all 10x Genomics, sebagai perusahaan global yang berkomitmen menyediakan teknologi untuk memudahkan berbagai penelitian dalam bidang biologi, menyelenggarakan roadshow di Hotel Le Meridien Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dalam acara ini, ditampilkan perkembangan terkini dari teknologi sel tunggal, spasial, dan in situ. "Di sini, 10x Genomics menekankan bagaimana teknologi teknologi tersebut dapat bermanfaat untuk berbagai penelitian dalam studi tentang sistem kekebalan tubuh (imunologi), saraf, kanker (onkologi), dan juga Covid 19 pada pasien anak (pediatri)," kata CEO Exeins Health Initiative, Frilasita Aisyah Yudhaputri, dalam keterangannya Sabtu (1/7/2023). Melalui roadshow ini, penyelenggara mengajak masyarakat untuk memberdayakan sains secara aplikatif dengan memanfaatkan temuan terkini dari teknologi sel tunggal, spasial, dan in situ.

Penemuan berbagai teknologi tersebut menjadi sebuah terobosan besar di bidang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Teknologi di bidang sel tunggal dan solusi spasial juga disinyalir dapat merevolusi bidang imunologi, studi penyakit menular, ilmu saraf, serta onkologi. Dalam salah satu presentasi, ditampilkan bagaimana teknologi sel tunggal dapat melakukan karakterisasi profil pasien COVID 19 pediatri yang mengalami gejala Inflammatory Multisistemik (MIS C).

"Penerapan analisis RNA sel tunggal akan memberikan wawasan serta meningkatkan surveilans tentang profil sel imun dari sindrom hiperinflamasi terkait SARS CoV 2 (MIS C)," ujarnya. 10x Genomics Roadshow membuka wawasan masyarakat bagaimana peneliti mereka untuk pertama kalinya dapat melakukan penelitian teknologi sel tunggal di Indonesia, dengan sampel penelitian lokal dari Indonesia (in house). Melalui acara ini, peserta dapat memahami interaksi antarsel dan respons obat menggunakan transkriptomik spasial dan analisis in situ.

Peserta juga bisa menguasai teknik persiapan sampel agar dapat memperoleh analisis sel tunggal dan spasial secara akurat. Turut hadir dalam acara tersebut, pelajar, mahasiswa, ilmuwan dan praktisi bidang imunologi, ilmu saraf, genomik, onkologi, dan ahli dalam penyakit menular. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *